Kenapa Tuhan menyuruh iblis dan malaikat sujud kepada nabi Adam? didalam Alquran Al baqarrah:30 Allah swt menjelaskan ” sesungguhnya aku mengetahui apa yang kamu tidak ketahui”
Untuk malaikat ! Allah swt meyakinkan dengan mengajarkan nabi adam nama-nama benda, kemudian dia menjelaskannya kepada malaikat yang selama ini tidak tahu sama sekali. Percayalah malaikat
Untuk iblis ! Allah swt membuat sebuah perjanjian akan memberikan iblis umur yang kekal karena dia menantang akan menyesatkan manusia. Iblis akan membuktikan manusia yang tercipta dari tanah tidak lebih baik daripada kaumnya yang tercipta dari api.
Bandel nih iblis … mungkin dia berpikir jika dihari kiamat jumlah manusia yang masuk neraka jauh lebih banyak daripada kaumnya, maka dia berhasil :D . eh iya Iblis juga punya anak kan yaaa ? berkembang biak terus tanpa ada yang mati. Seimbangkan
Allah swt menciptakan manusia dari tanah di bumi yang warnanya hitam, putih, kuning, coklat dan merah. makanya kulit manusia bisa berbeda-beda. Wajar saja kan kalo Balotelli marah besar bila dicemooh “monyet” oleh orang rasis ketika main bola :D . Kita tercipta dengan tujuan dan nilai yang sama … semua manusia bersaudara, keep respect with others!
kembali ke Iblis… ternyata dia baru tahu sekarang.. kalo pemadam api yang paling bagus itu adalah tanah basah. Selain itu, dia dan malaikat akan stres melihat keajaiban yang dibuat Manusia sekarang.
Malaikat mungkin yang paling sedih …melihat betapa kerja kerasnya iblis menaklukan manusia. Ketika internet dibuat untuk kebaikan, dia arahkan buat kemaksiatan. Ketika mobil diciptakan untuk kenyamanan manusia saling silaturahmi, dia arahkan buat balap-balapan untuk membunuh manusia itu sendiri.
Di dalam diri manusia selalu ada keajaiban … Tuhan selalu memberikan anugerah terbesar dalam dunia ini melalui manusia, bagaimana dengan musibah tsunami, gunung meletus dan gempa??. Sebenarnya secara tidak langsung berasal dari akibat prilaku manusia itu sendiri.
Perilaku manusia itu unik … kisahnya tidak pernah putus ber evolusi dan membentuk sesuatu yang baru … Jika ada yang merasa godaan iblis itu sangat kuat?? 100% benar, karena mereka telah hidup ribuan tahun dengan pengalaman bermacam-macam regenerasi manusia .. tapi manusia tetap terhebat! regenerasi terus berganti, tapi orang yang penuh kebaikan selalu ada.
Di setiap pribadi manusia selalu ada kebaikan dan keajaiban yang dititipkan Tuhan, jagalah untuk tetap tumbuh dan berguna bagi kehidupan alam semesta yang lebih baik.
Iblis selalu menahan potensi keajaiban ini dengan rasa malas, pengecut, dan kebiasaan buruk lainnya. Jadilah manusia yang hebat dengan hati yang selalu bersama “iman”.
Sudahkan anda membuat keajaiban dalam hidup anda ?
berkata dalam hati 
“aku akan melakukannya lebih baik lagi dari sekarang “.